Virus Trojan Zeus


Virus Trojan Zeus

Kejahatan cyber dengan memanfaatkan trojan Zeus untuk mencuri akun online diperkirakan akan terus berkembang. Setidaknya demikian yang dikatakan beberapa ahli keamanan.

Trojan Zeus Dibuat untuk mencuri username dan password dari komputer bersistem operasi Windows, lalu akun tersebut digunakan penjahat cyber secara ilegal untuk mentransfer uang dari rekening korban.

Konon, developer utama yang berada di balik penciptaan trojan Zeus yang telah ada sejak tahun 2007 ini adalah sebuah sindikat dari kelompok kecil di Eropa Timur.

Sebagai contoh, para peneliti baru-baru ini menemukan sebuah Zeus add-on yang diklaim dapat menghalangi penjahat cyber untuk mencuri username dan password dari nasabah perbankan online. Namun demikian, para developer Zeus ternyata menemukan cara lain untuk menembusnya. Sebuah trojan Zeus versi mobile dibuat dan berhasil mencuri kode tersebut lalu mengirimkannya ke server command and control Zeus di mana para penjahat cyber dapat menggunakannya untuk masuk ke rekening nasabah.

Orang-orang di belakang Zeus sangat lihai bersembunyi, sulit untuk melacak keberadaan mereka.

Tips Menghindari Trojan Zeus

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisir ancaman trojan Zeus:

- Kenali dan bekali diri dengan informasi seputar phishing, e-mail penipuan dan file PDF berbahaya yang digunakan untuk menyebarkan Trojan sehingga user lebih waspada.

- Mintalah kepada bank agar melakukan konfirmasi dan mengambil tindakan jika melihat transaksi yang mencurigakan. - Mengembangkan sistem pendeteksian yang bisa melihat aktivitas Zeus berdasarkan kejadian, bukan signature malware.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Virus Trojan Zeus"

Post a Comment